Sabtu, 12 Desember 2015

Hamil Kembar

Alhamdulillah wa syukurillah, 34minggu kehamilan kembar sudah saya lalui.. Sekarang sambil nungguin si kakak dan 2 adik kembarnya tidur siang, mau nyempetin berbagi hasil ingat-ingat 34 minggu kehamilan kemarin, dan mangkraknya blog ini.. hehehe..

Awal kehamilan nggak terdeteksi..
Sejak usai melahirkan Kakak, memang saya nggak ikut KB, entah saya ini bisa dibilang warga negara yang baik atau enggak karena nggak ikutan program pemerintah ini. Baru tau hamil, setelah usia kehamilan sekitar 10 minggu, waktu itu sebulan setelah lebaran, berarti waktu bulan puasa udah isi ya, tapi waktu itu makannya ngawur banget, nggak aturan apa yang masuk. Begitu tau juga masih woles aja menyusui Kakak.

Semester 1 tanpa halangan berarti..
Bulan selanjutnya saat kontrol dokter obgyn, baru terdeteksi kalau kemungkinan kembar, masih kemungkinan, dokter kasik special note untuk periksa lebih usg lebih detail di jadwal kontrol bulan depan.
Lanjut di kontrol bulan depan, dan ternyata... fix kembar, alhamdulillahnya 2 kantong. FYI, menurut dokter, kehamilan kembar 2 kantong lebih aman bagi janin daripada 1 kantong, karena dengan 2 kantong jadi 2 saluran makan, jadi supply makanan untuk kedua janin lebih terjamin jumlahnya. Yaaa, nggak rebutan banget lah ya di dalem perut.. Dan lebih tidak beresiko keguguran.

Semester 2 'keep strong'..
Dimulai dari asi yang mulai berkurang, kakak mulai marah-marah dan gigit-gigit puting. Sekali dua kali masih meringis, beberapa kali kemudian sudah mulai kesakitan, dan suatu malem begitu digigit langsung kontraksi dan sakit perut bangeet, finally papa bilang sebaiknya kakak disapih. Well, dan ternyata butuh 2 hari untuk sapih Kakak dengan drama Kakak dan Mama tangis tangisan saling gak tega, dan pasti papa yang pusing banget waktu itu deh.. (hihihi, maaf ya pa, semua gak stabil dan lebay..)
Bulan bulan selanjutnya mulai diisi dengan, males ngapa ngapain, bawaannya pengen tiduuur aja, dan sering sakit kepala.

Semester 3 yang drama..
Masuk semester 3 sudah susah bernafas, susah duduk, lebih lebih susah tidur. Desember awal sering flek darah, papa anter keliling ke RS cari dokter obgyn, hasilnya harus bedrest d rumah. Dilanjut di Januari, kontraksi terus menerus jadi harus opname 3 hari di RS Citra Harapan Jakarta dengan dr. Achmad Zani A, SpOg.
Akhir bulan Januari, akhirnya sepakat buat pulang kampung ke Malang dan melahirkan di kampuang halaman saja. Jadi di akhir Januari, Mama Kakak sama Uti pulang ke Malang naik kereta, begitu sampai langsung periksa ke dr. Purnomo L, SpOg. Hasilnya baik baik saja.
2 minggu kemudian, sekitar 2 hari berasa mules tipis, dan sering buang air kecil. Feeling sudah ada pembukaan saja nih, jadi panggil bidan ke rumah. Waktu diperiksa, ternyata memang sudah pembukaan 1.
Jadi langsung aja malem itu pergi ke RS Puri Galeri tempat dr. Purnomo, beliaunya bilang harus opname minimal 2 minggu untuk menahan agar tidak terjadi penambahan pembukaan dan persalinan. Bayanginnya berat banget harus bedrest total 2 minggu. Tapi baru jalan 4 hari dan setelah menjalani 1x test lab darah lengkap, dan 2x test lec PCT, hasilnya positif infeksi di darah saya. Jadi malam hari, dr. Purnomo jadwalkan usg dulu, tapi hasil usg juga kurang bagus, salah satu jantung janin sangat nggak stabil. Setelah beberapa pembicaraan, akhirnya diputuskan malam itu juga harus operasi caesar.

Sakit, tangis, sedih, sudah campur jadi satu, akhirnya berubah jadi bahagia di 18 Februari 2016 si kembar lahir dengan c-section. Well, pada akhirnya memang berbeda sekali hamil normal dan hamil kembar, lebih berat & sulit memang, tapi bukan berarti nggak mungkin dijalani dengan bahagia. Dari pengalaman saya sih, intinya setiap ada perubahan/perbedaan dengan kehamilan kita, langsung aja deh lari ke dokter/tim medis, soalnya isinya tuh 2 dan nggak bisa keliatan dari luar, nggak bisa dikira-kira, jadi mending yang pasti pasti aja dengan cek/konsultasi ke dokter ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar