Senin, 17 Agustus 2015

Tipikal Mama Gak Gaul

Definisi gaul di zaman sekarang apa sih?
Saya sendiri seperti kehilangan makna kata gaul semenjak menikah.
Apa gaul itu kalo aktif di segala bentuk media sosial yang lagi ngetrend?
Apa gaul itu kalo rajin nongkrong di segala spot trend kekinian?
Apa gaul itu kalo sukses nyobain apa aja lagi hits sekarang?

Kalo itu semua benar, i'm absolutely 'mama gak gaul'.

I don't really have many times to use sosmed. Semenjak menikah, banyak sekali alasan untuk ini. Jatah beli pulsa inet yang sengaja di-irit, gak punya banyak waktu buat leha-leha main sosmed karena cucian piring numpuk dan belum nyikatin kerah kemeja suami, dan sering lupa account plus passwordnya.

Tak selalu tempat nongkrong kekinian lingkungannya ramah pada keluarga junior macam saya dengan suami yang beranak umur 1 tahun dan sedang mengandung pula. Semenjak punya anak, terlalu banyak pertimbangan yang memang benar-benar harus dipertimbangkan. Jam berapa bukanya,  jangan-jangan bukanya malem doang saat anak saya lagi ngantuk-ngantuknya, bisa rewel dong. Jauh atau deket dari rumah, ah ntar jauh lagi, ntar pulangnya gak sempet ngangkatin jemuran ama setrika lagi, dan bla..bla..bla.. lain khas mama rewel.

Kombinasi antara ketidakmampuan atas waktu dan keterbatasan pertimbangan atas keluarga, menjadi alasan ampuh saya untuk menolak ajakan gaul nyobain yang lagi hits. Memang, terlalu banyak mikir kok yaaa..

Menikah menjadi banyak keterbatasan saya memang.
Bukan berarti, nggak usah menikah aja deh biar tetep bebas terus lho ya.
Hanya tanggung jawab baru yang tanpa sadar melekat di seorang istri (yang amanah) untuk dijalani.
Dulu zaman kuliah saya bisa keluyuran cuma berdua sama temen hingga ke kota lain, nggak takut hilang, nggak takut diculik orang, nggak takut dijambret atau nggak bisa pulang.
Atau bisa sampai 2 bulan nggak pulang ke rumah karena betah di kos, padahal di kos juga temennya udah dikit karena uda banyak yang pulang.
Sejak menikah, saya tinggal di kota besar, suami sering banget mewanti-wanti rumah di kunci kalo di rumah sendiri, orang gak kenal gak boleh masuk, pergi kemana-mana selalu update ke suami, pergi-pergi pastiin rumah aman, pergi-pergi pastiin barang bawaan aman dan segambreng nasehat lain.
He really worries about his wife & his family.
Jadinya, saya ikutan parno.
Saya jadi males keluar-keluar rumah, paling pergi ke pasar beli sayur/lauk, itupun nebeng tetangga sebelah. Pergi kemana-mana selalu sama suami, bahkan belanja bulanan juga sama dia (ya biar bayarnya gak motong jatah bulanan juga sih.. hihihi..).
Tahun ini, tahun ke-3 saya tinggal di ibukota, jujur saya katakan, saya belum pernah naik KRL, padahal pengen banget. Baru 1x pergi ke Jakpus naik busway sendirian. Dan baru 1x ngojek ke Jabebeka Cikarang karena terpaksa ada interview kerja saat suami juga lagi jam kerja.

Mengingat itu semua, macam mana bisa dibilang mama gaul lah saya ini?

Mungkin 'gaul' itu semacam aktualisasi diri atas perubahan/kemajuan zaman gitu kali ya?
Kalo benar begitu, jadi masihlah bisa dibilang kalo saya ini gaul dikit (maksa.. huhuhu).
Jikalau boleh definisi itu dipakai, memang iya kok saya masih golongan kaum mama gaul, karena masih aktualisasi diri dengan sejumlah orang terutama dalam hal urusan rumah tangga. Mama mama banget dah obrolan favorit saya kala ini. Tiap ketemu orang-orang yang menurut saya berpengalaman, saya betah gaul sama mereka update tips mendidik anak & case-case seputar tumbuh kembang anak, terus merembet nanya koleksi resep andalan mereka, kalo masih ada waktu lanjut tips seputar urusan rumah tangga, dan yang wajib ain, nanya tempat beli ini itu yang murah dan enak, ato yang... lagi ada diskon. Huhuhu..

Jadi, masih termasuk golongan mama gaul atau tidak sih?

I don't have any idea.
Yang saya sering denger sekarang cuma suami yang menggunakan kata gaul buat kalimat guyonan semacam "Nduk, kamu gak gaul ama mama-mama cetar dulu cyiiin, kan lg sore-sore banyak buibu yang nongki?'.
Yups, so 'gaul' only means as 'kumpul/ketemu ama sekumpulan komunitas aja'.

Sudahlah, diterima saja lha yauuw..
Saya mengaku, saya termasuk mama gak gaul di tahun 2015 ini.
Done!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar